Macam bentu Jebakan Part 2

Jebakan 1

Kemampuan membuat jebakan merupakan penentu antara lapar dan kenyang ataupun antara hidup dan mati dalam situasi survival. Berbagai macam jebakan dibuat dengan banyak jenis, dari jebakan lubang, jebakan gantung, jebakan penjepit hingga jebakan tindih. Berbagai bahan baik alami maupun buatan dapat digunakan untuk membuat jebakan, tergantung dengan ketersediaan bahan dan hewan buruan. Hewan yang biasa diburu dapat berupa seekor burung, mamalia, reptile atau pun ikan.

Dalam materi membuat jebakan, ragawana akan menyuguhkan 10 jebakan yang semoga bermanfaat. Judul yang akan digunakan adalah Jebakan 1 hingga jebakan 10.

Untuk jebakan 1, kita akan memngupas mengenai jebakan yang biasa dikenal figure 4 dead fall”Jebakan jenis ini dibuat sensitive dan efektif dengan cara menjatuhkan benda kepada sasaran. 


Dalam membuat jebakan figure 4 dead fall, bahan yang diperlukan adalah ranting kayu, pisau dan batu / gelondong kayu. Ranting kayu diperlukan untuk membuat struktur figure 4 sebagai pemicu, pisau digunakan untuk membuat struktur  figure yang sistematis, sedangkan batu atau gelondong kayu digunakan sebagai penindih target buruan. Ukuran dalam membuat jebakan figure 4 dead fall ini disesuaikan dengan keadaan sekitar, yaitu mengenai ketersediaan bahan dan tenaga. Penentu selanjutnya adalah ukuran target buruan dan tenaga serta waktu membuatnya. Tentu saja ketersediaan bahan dan tenaga akan mempengaruhi waktu anda.

Dalam membuat figure 4 dead fall ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu cara membangunnya. 

Penjelasan:

Bahan penindih:  batu dengan bagian bawah yang rata adalah yang terbaik, semakin luas penampang yang rata maka kemungkinan buruan dapat lolos akan semakin kecil. untuk penggunaan gelondong kayu kurang dianjurkan karena anda akan memerlukan tenaga besar untuk memotongnya, serta peralatan yang mungkin terbatas, selain itu, penampang gelondong kayu juga semakin kecil.

Struktur: bahan dahan pohon adalah yang terbaik, kuat dan mudah dibentuk. Buatlah 3 dengan panjang  yang berbeda, serut dahan dan buatlah setiap dahan membentuk balok kayu, sesuaikan dengan ukuran, untuk ketepatannya anda perlu melakukan simulasi.



Gambar 1: perhatikan baik-baik struktur yang harus dibuat, struktur ini akan berfungsi menopang secara langsung terhadap bahan penindih (batu/ gelondong kayu).

Gambar 2: perhatikan baik-baik struktur yang harus dibuat, struktur ini akan berfungsi menunjang tekanan pada gambar 1 untuk tetap stabil. selanjutnya akan terpengaruh terhadap pemicu yang sensitive.

Gambar 3: perhatikan baik-baik struktur yang harus dibuat, struktur ini berfungsi untuk menempatkan umpan. Membuatnya harus sedikit panjang, tetapi tidak boleh bersentuhan dengan bahan penindih, struktur ini di posisikan tepat di bawah bahan penindih, ini adalah struktur pemicu.

Gambar 4: perhatikan baik-baik struktur yang harus dibuat, struktur ini akan saling berkaitan antara struktur vertical dan horisontal, dibuat saling mengait, Sehingga akan kuat, jangan membuat struktur ini terlalu pas antar struktur, karena kita memerlukan pergerakan untuk memfungsikan jebakan ini dengan baik. Perhatikan baik-baik pada gambar "tampak belakang".

Jebakan jenis ini akan akan efektif jika anda buat dengan ukuran sedang, target yang dianjurkan adalah tupai, musang, ayam, burung, ataupun hewan bergigi tajam lainnya yang mungkin mampu memutuskan tali anda. Untuk memburu babi hutan anda akan memerlukan bahan penindih yang sangat berat. kelebihan dari jebakan ini adalah anda tidak memerlukan tali untuk membuatnya.

0 comments:

Post a Comment