Macam Bentuk Jebakan part 3

Kemampuan membuat jebakan merupakan penentu antara lapar dan kenyang atau pun antara hidup dan mati dalam situasi survival. Berbagai macam jebakan dibuat dengan banyak jenis, dari jebakan lubang, jebakan gantung, jebakan penjepit hingga jebakan tindih. Berbagai bahan baik alami maupun buatan dapat digunakan untuk membuat jebakan, tergantung dengan ketersediaan bahan dan hewan buruan. Hewan yang biasa diburu dapat berupa seekor burung, mamalia, reptile atau pun ikan.

Dalam materi membuat jebakan, ragawana akan menyuguhkan 10 jebakan yang semoga bermanfaat. Judul yang akan digunakan adalah Jebakan 1 hingga jebakan 10.

Untuk jebakan 4, kita akan mengupas mengenai jebakan yang bisa dikenal “Bleg”, Jebakan jenis ini merupakan salah satu dari jebakan hidup, yaitu tidak membuat jebakan mati di tempat.




dibuat sensitive dan efektif dengan cara menjatuhkan suatu benda guna menghindari  buruan kabur, tetap hidup dan untuk selajutnya dikonsumsi. 


Dalam membuat jebakan hidupbahan yang diperlukan adalah ranting kayu, pisau dan batu. Ranting kayu diperlukan untuk membuat figure sebagai pemicu, pisau digunakan untuk membuat struktur  fugure yang sistematis, sedangkan batu digunakan untuk menahan target buruan melarikan diri. Ukuran dalam membuat jebakan hidup ini disesuaikan dengan keadaan sekitar, yaitu mengenai ketersediaan bahan. Penentu selanjutnya adalah ukuran target buruan dan tenaga serta waktu membuatnya. Tentu saja ketersediaan bahan dan tenaga akan mempengaruhi waktu anda.

Dalam membuat jebakan hidup ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu cara membangunnya. 


Penjelasan:

Bahan penindih:  batu dengan bagian bawah yang rata adalah yang terbaik, semakin luas penampang yang rata maka kemungkinan buruan dapat lolos akan semakin kecil.

Struktur: bahan ranting pohon cukup untuk membuatnya. Buatlah 3 dengan panjang  yang berbeda, buatlah pada setiap ujung balok ranting seperti gambar di atas. sesuaikan dengan ukuran, untuk ketepatannya anda perlu melakukan simulasi.

Gambar 1: perhatikan baik-baik struktur yang harus dibuat, struktur ini akan berfungsi menopang secara langsung terhadap bahan penindih (batu).

Gambar 2: perhatikan baik-baik struktur yang harus dibuat, struktur ini akan berfungsi menunjang tekanan pada gambar 1 untuk tetap stabildan merupakan pemicu yang sensitive.

Gambar 3: perhatikan baik-baik struktur yang harus dibuat, struktur ini berfungsi sebagai pondasi pemicu, sebagian dari struktur ini sebaiknya menancap pada tanah.

Umpan: penempatan umpan utama adalah di dalam lubang,

Jebakan jenis ini akan akan efektif jika anda buat dengan ukuran sedang, target yang dianjurkan adalah tupai, ayam, burung. Jebakan ini tidak akan efektif terhadap binatang yang mampu menggali tanah.

Tips : buatlah lubang dengan sesuai, jangan membuatnya terlalu lebar melebihi luas bahan penindih anda. Buat sedikit ventilasi agar buruan anda akan tetap mampu hidup. jebakan ini merupakan jebakan paling mudah dibuat diantara jebakan lainnya.

0 comments:

Post a Comment